Rabu, 09 November 2016

Bagian Proposal Penelitian Literer

Sebelum melakukan penelitian maka harus disusun sebuah proposal penelitian. Penelitian literer berbeda dengan penelitian empiris, begitu juga bagian-bagian dalam menyusun proposalnya. berikut ini adalah bagian-bagian dari proposal dalam penelitian literer:

A.    Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah berisi argumentasi tentang mengapa penelitian dilakukan, disusun seara proporsional dan mampu mencakup seluruh masalah yang akan diteliti. Masalah-masalah tersebut bersumber dari data lapangan, deduksi dan atau induksi dari suatu teori, laporan penelitian, kebijakan pemerintah dan lembaga atau organisasi.

B.    Rumusan Masalah/Fokus Penelitian
Rumusan masalah penelitian harus disusun secara singkat, jelas, tegas, spesifik dan operasional yang dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. Untuk rumusan masalah dalam penelitian literer menggunakan kata “bagaimana? Dan atau “mengapa?”. Rumusan masalah harus sesuai dengan kesimpulan di bab penutup.

C.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan dituju dalam penelitian. Tujuan penelitian mengacu pada isi rumusan masalah penelitian. Tujuan penelitian dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan.

D.    Kegunaan Penelitian
Pada bagian ini peneliti menjelaskan kontribusi yang akan diberikan setelah selesai penelitiannya. Kegunaan penelitian dapat berupa kegunaan secara ilmiah (Kegunaan teoritis), yaitu kegunaan yang berkaitan dengan kontribusi keilmuan (mengembangkan, menguatkan atau menolak teori), dan kegunaan praktis, seperti kegunaan bagi instansi dan masyarakat baik secara umum maupun khusus. Kegunaan penelitian ini berupa pernyataan yang riil, sesai dengan kenyataan dan tidak mengada-ada. Kegunaan penelitin harus sesuai dengan saran di bab penutup.

E.    Penegasan Istilah
Istilah-istilah yang perlu ditegaskan dalam bagian ini adalah istilah yang mengandung interpretasi beragam. Istilah yang digunakan dalam penelitian harus ditegaskan seara konseptual dan secara operasional. Istilah yang ditegaskan adalah istilah yang mengarah ke variabel penelitian, mendukung variabel dan diakhiri dengan istilah secara keseluruhan pengertia judul yang idmaksudkan oleh peneliti. Penegasan istilah bukan penegasan kata, meskipun terkadang ada suatu istilah hanya terdiri dari satu kata.

F.    Kajian Pustaka
Pada bagian ini, peneliti menjelaskan teori atau konsep dari para pakar yang relevan dengan rumusan masalah penelitian.

G.    Penelitian Terdahulu
Bahasan ini ditekankan pada penelusuran karya-karya dan penelitian dengan tema yang sama atau mirip pada masa-masa sebulumnya hingga saat penulisan proposal. Berdasarkan penjabaran tersebut, posisi penelitian yang akan dilakukan harus dijelaskan. Apakan penelitian terhadap persoalan yang sama sekali baru, mengulang penelitian yang lama dengan pendekatan yang berbeda. Penelitian terdahulu minimal 5 (lima) penelitian. Kutipan penelitian terdahulu ditulis dalam bentuk footnote.

H.    Metode Penelitian
Pada bagian ini peneliti menjelaskan prosedur yang akan dilakukan peneliti dalam melakukan penelitian sejak langkah awal sampai akhir. Elemen yang harus ada adalah: Jenis penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data dan analisis data.

I.    Sistematika Pembahasan
Bagian ini peneliti menjelaskan urutan-urutan yang akan dibahas dalam penyunan laporan penelitian. Sistematika diungkapkan dalam bentuk deskripsi singkat masing-masing bab.sistematika pembahasan bisa juga berupa pengungkapan alur bahasan sehingga dapat diketahui logika penyusunan dan koherensi antara satu bagian dan bagian yang lain. Karena itu ditekankan pada “mengapa” sub bab tertentu ditulis dan bukan “apa” yang ditulis.

J.    Kerangka Pembahasan (Outline) Sementara
Pada bagian ini peneliti membuat rancangan daftar isi yang berfungsi sebagai kerangka acuan penulisan skripsi, termasuk schedule pelaksanaan penelitian.

K.    Daftar Rujukan Sementara
Daftar rujukan sementara berupa literatur yang akan digunakan sebagai referensi utama dalam penulisan skripsi.

Sumber: Buku Pedoman Penyusunan Skripsi Program Strata Satu (S1) IAIN Tulungagung 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar