Rabu, 09 November 2016

Bagian Proposal Penelitian

Tugas akhir untuk mahasiswa program Strata Satu (S1) adalah melakukan penyusunan skripsi. skripsi merupakan hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Sebelum melakukan penelitian maka harus disusun sebuah proposal penelitian. berikut ini adalah bagian-bagian dari proposal penelitian:

A.    Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah mengungkapkan segala yang melatarbelakangi penulisan skripsi, sehingga dapat diketahui hal-hal yang melandasi munculnya penelitian. Latar belakang masalah hendaknya disusun secara singkat dan mampu mencakup seluruh masalah yang akan diteliti. Masalah-masalah tersebut bersumber dari pengalaman lapangan, deduksi dan atau induksi dari suatu teori, laporan penelitian, kebijakan pemerintah dan lembaga atau organisasi. Adapun konteks penelitian berisi tentang penjelasan mengenai problematika yang akan diteliti dan atau alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dipandang menarik, penting dan perlu diteliti, serta belum pernah doipecahkan oleh peneliti terdahulu, sehingga menunjukkan keorisinilan persoalan yang akan diteliti.

B.    Identifikasi dan Batasan Masalah
Bagian ini merupakan penjelasan tentang kemungkinan-kemungkinan cakupan yang dapat muncul dalam penelitian dengan melakukan identifikasi dan inventarisasi sebanyak-banyaknya kemungkinan yang dapat diduga sebagai masalah. Kemudian dilakukan pembatasan rung lingkup permasalahan dalam rangka menetapkan batas-batas masalah secara jelas sehingga mana saja yang masuk dan mana saja yang tidak masuk dalam masalah yang akan diteliti. Ini berlaku untuk penelitian kuantitatif.

C.    Rumusan Masalah/Fokus Penelitian
Perumusan masalah atau fokus penelitian harus disusun secara singkat, jelas, tegas, spesifik dan operasional yang sebaiknya dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. Untuk rumusan fokus penelitian dalam penelitian kuantitatif seharusnya menggunakan kata “bagaimana? Dan atau “mengapa?”

D.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan dituju dalam penelitian. Tujuan penelitian mengacu pada masalah-masalah yang telah dirumuskan sebelumnya.

E.    Kegunaan Penelitian
Pada bagian ini peneliti menjelaskan kontribusi yang akan diberikan setelah selesai penelitiannya. Kegunaan penelitian dapat berupa kegunaan secara ilmiah (Kegunaan teoritis) dan kegunaan praktis seperti kegunaan bagi instansi dan masyarakat baik secara umum maupun khusus. Kegunaan penelitian ini berupa pernyataan yang riil, sesai dengan kenyataan dan tidak mengada-ada

F.    Penegasan Istilah
Istilah-istilah yang perlu ditegaskan dalam bagian ini adalah istilah yang mengandung interpretasi beragam. Istilah yang digunakan dalam penelitian harus ditegaskan seara konseptual dan secara operasional. Istilah yang ditegaskan adalah istilah yang mengarah ke variabel penelitian, mendukung variabel dan diakhiri dengan istilah secara keseluruhan pengertia judul yang idmaksudkan oleh peneliti. Penegasan istilah bukan penegasan kata, meskipun terkadang ada suatu istilah hanya terdiri dari satu kata.

G.    Penelitian Terdahulu
Bahasan ini ditekankan pada penelusuran karya-karya dan penelitian dengan tema yang sama atau mirip pada masa-masa sebulumnya hingga saat penulisan proposal. Berdasarkan penjabaran tersebut, posisi penelitian yang akan dilakukan harus dijelaskan. Apakan penelitian terhadap persoalan yang sama sekali baru, mengulang penelitian yang lama dengan pendekatan yang berbeda atau mengulang penelitian yang lama dengan tempat dan pendekatan yang sama tetapi untuku kepentingan verifikasi. Penelitian terdahulu minimal 3 (tiga)

H.    Metode Penelitian
Pada bagian ini peneliti menjelaskan cara yang akan dilakukan oleh peneliti untuk penelitian kuantitatif meliputi; rancangan penelitian, populasi, variabel penelitian, sampel dan sampling, kisi-kisi instrumen, instrumen penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Sedangkan untuk penelitian kualitatif meliputi; rancangan penelitian, kehadiran peneliti, lokasi penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan data, tahapan-tahapan penelitian.

I.    Sistematika Pembahasan
Bagian ini peneliti menjelaskan urutan-urutan yang akan dibahas dalam penyunan laporan penelitian. Sistematika diungkapkan dalam bentuk deskripsi singkat masing-masing bab.sistematika pembahasan bisa juga berupa pengungkapan alur bahasan sehingga dapat diketahui logika penyusunan dan koherensi antara satu bagian dan bagian yang lain. Karena itu ditekankan pada “mengapa” sub bab tertentu ditulis dan bukan “apa” yang ditulis.

J.    Daftar Kepustakaan Sementara
Daftar kepustakaan sementara berupa literatur yang akan digunakan sebagai referensi utama dalam penulisan skripsi.


Sumber: Buku Pedoman Penyusunan Skripsi Program Strata Satu (S1) IAIN Tulungagung 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar